Enter your keyword

Dorong Inovasi Dosen Menuju Hilirasi Melalui Workshop Dosen STEPS: Science, Technology, Entrepreneurship, and Practical Solutions

Dorong Inovasi Dosen Menuju Hilirasi Melalui Workshop Dosen STEPS: Science, Technology, Entrepreneurship, and Practical Solutions

Dorong Inovasi Dosen Menuju Hilirasi Melalui Workshop Dosen STEPS: Science, Technology, Entrepreneurship, and Practical Solutions

Bandung, dkst.itb.ac.id – Pada Rabu (6/11) Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi Institut Teknologi Bandung (DKST ITB) mengadakan workshop bertajuk STEPS: Science, Technology, Entrepreneurship, and Practical Solutions. Acara ini diikuti oleh 33 dosen-dosen muda dari berbagai fakultas dan sekolah di lingkungan ITB yang memiliki minat dalam mengkomersialkan inovasi dan riset. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya DKST ITB dalam mencapai fungsinya sebagai hub yang mampu menghubungkan dunia akademis dengan industri.

Workshop yang berlangsung sehari penuh ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan dosen dalam memahami proses komersialisasi dan manajemen inovasi. Para peserta dibagi ke dalam lima kelompok yang didesain oleh panitian dengan memperhatikan peran masing-masing sebagai “hacker,” “hipster,” dan “hustler”—istilah yang merujuk pada kemampuan teknis, kreatif, dan bisnis. Pengelompokan ini bertujuan untuk menciptakan kolaborasi yang lebih efektif dalam merancang solusi inovatif.

Kegiatan workshop diawali dengan sesi pengantar dari Dr. Dina Dellyana, yang membahas dasar-dasar manajemen inovasi dan entrepreneurship. Materi ini bertujuan memberi pemahaman menyeluruh tentang pentingnya inovasi dalam menciptakan nilai baru serta teknik-teknik untuk mendukung pengembangan bisnis berbasis teknologi dan sains. Peserta juga diajak untuk mengikuti sesi ideasi, di mana mereka melakukan brainstorming terkait solusi inovatif yang dapat memecahkan permasalahan nyata di lingkungan sekitar mereka melalui praktek Value Proposition Canvas.

Selanjutnya, Dr. Nila Armelia Windasari memberikan panduan tentang pentingnya memahami kebutuhan pelanggan melalui metode customer persona dan empathy map. Peserta didorong untuk mengidentifikasi profil pelanggan potensial dari inovasi tim mereka dan menggali lebih dalam motivasi serta tantangan yang dihadapi pelanggan tersebut. Setiap sesi praktek menjadi ajang berbagi wawasan dan refleksi terhadap tantangan komersialisasi inovasi.

Acara ditutup dengan sesi pemaparan Business Model Canvas yang dipandu oleh Nazmi Fathnur Ahmad. Dalam sesi ini, peserta berlatih mengembangkan model bisnis yang komprehensif. Setiap sesi praktek menjadi ajang berbagi wawasan dan refleksi terhadap tantangan komersialisasi inovasi.

Melalui workshop ini, DKST ITB berharap dapat memberikan dorongan bagi dosen-dosen muda untuk mengembangkan inovasi yang aplikatif, bermanfaat, dan tepat sasaran, serta menciptakan sinergi antarfakultas dalam mendukung ekosistem kewirausahaan di ITB.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.